6 Cara Mengatasi Lumut di Permukaan Paving Block

Iklim tropis yang lembab di Indonesia membuat lumut bertumbuh kembang dengan cepat di berbagai tempat, terutama pada batu, bata dan beton. Termasuk juga pada paving block atau conblock di pekarangan rumah anda.

Lumut pada permukaan paving block akan sangat menganggu apalagi jika area tersebut sering digunakan untuk akses jalan, parkir kendaraan, bermain, mencuci, dsb. Selain mengganggu tampilan juga akan membahayakan dan mengakibatkan pejalan kaki atau kendaraan tergelincir.

Tumbuhnya lumut pada permukaan paving block antara lain diakibatkan oleh beberapa penyebab sebagai berikut :

1. Sering Tergenang Air

Genangan air membuat paving block lembab dan membuat lumut nyaman untuk berkembangbiak. Hal ini biasanya terjadi karena pemasangan paving yang bergelombang sehingga air menggenang di bagian tertentu. Penyebab lain yaitu leveling dan kemiringan permukaan yang tidak diarahkan mengalir ke saluran pembuangan.

2. Kurang Terkena Sinar Matahari Langsung

Area yang kurang terkena sinar Matahari merupakan tempat yang cocok bagi lumut dan jamur karena itu membuat area tersebut menjadi lembab. Area ini biasanya tertutup oleh pepohonan atau kanopi.

3. Mutu Paving Block yang Buruk

Mutu yang buruk biasanya dapat dilihat dari besar tidaknya pori-pori pada permukaan paving block. Paving Block dengan pori besar cendrung berpotensi besar bagi tumbuh kembang lumut karena pori tersebut menyimpan air di permukaannya.

Berbeda dengan paving block berpori kecil yang tidak menyimpan air melainkan mengalirkan air ke celah-celah nat antar susunan paving menuju permukaan bawah paving.

Dan cara mengatasinya yaitu sebagai berikut :

1. Perhatikan Sudut Kemiringan Pemasangan Paving Block

Cek kembali apakah sudut kemiringan paving telah mengarah ke saluran pembuangan

2. Perbaiki Paving Block Yang Bergelombang

Bongkar dan perbaiki area paving yang bergelombang agar tidak ada genangan air, caranya bisa menambahkan lapisan pasir di landasannya.

3. Pangkas Dahan Pohon

Pangkas dahan-dahan pohon yang menghalangi sinar matahari langsung ke area paving block.

4. Sikat Lapisan Lumut Yang Ada

Jangan lupa bersihkan lapisan lumut yang ada saat ini. Hal ini untuk mengurangi potensi tumbuh kembang lumut.

5. Lapisi Dengan Anti Lumut (Coating Batu Alam)

Coating ini bisa dengan mudah didapatkan di toko bangunan. Ingat bahwa, lakukan langkah ini setelah langkah ke-4 dilakukan dan paving block telah kering sempurna.

6. Taburi Kapur Bangunan

Setelah lapisan coating kering, taburkan kapur bangunan di atas paving block.

Demikian pembahasan 6 cara mengatasi lumut di permukaan paving block. Semoga bermanfaat,
salam.

BESTA – Solusi Paving Block Indah & Modern
Telpon kami untuk informasi produk terupdate