Pengertian Paving Block dan Standar SNI

Paving Block atau Conblock merupakan material konstruksi yang familiar dan sering digunakan untuk halaman, trotoar, parkiran dan jalan perumahan. Fungsinya tidak lain adalah sebagai perkerasan dan penutup permukaan tanah, dimana mempunyai daya serap air yang baik.

Paving Block terbuat dari bahan dasar yang sama dengan beton, yaitu semen, kerikil dan pasir. Proses pembuatannya terdiri dari dua metode, yaitu metode manual dan metode mesin. Selain itu, pada umumnya, perbedaan komposisi dari ketiga bahan tersebut akan menghasilkan mutu beton atau kekuatan yang berbeda pula.

Berikut beberapa mutu beton menuru SNI dan penggunaannya  untuk konstruksi :

1. Paving Block SNI Mutu Beton A

Jenis Paving / Conblock mutu A memiliki kuat tekan 400 kg/cm2 – 500kg/m2.

Jenis ini merupakan kualitas terbaik dan paling kuat untuk menahan beban jika dibandingkan dengan jenis mutu beton lain. Oleh karena itu, jenis conblock ini sering menjadi rekomendasi untuk digunakan pada jalan umum yang dilewati berbagai kendaraan, termasuk kendaraan berat, seperti truk kontainer, truk pasir / batu, dan truk molen.

2. Paving Block SNI Mutu Beton B

Jenis Paving / Conblock mutu B memiliki kuat tekan 200 kg/cm2 – 300kg/m2.

Jenis ini merupakan kualitas terbaik kedua untuk menahan beban. Oleh karena itu, jenis conblock ini sering menjadi rekomendasi untuk digunakan pada area parkiran mobil dan bis.

3. Paving Block SNI Mutu Beton C

Jenis Paving / Conblock mutu C memiliki kuat tekan 150 kg/cm2 – 175 kg/m2.

Jenis ini merupakan kualitas menengah yang dibuat tidak untuk menahan beban berat. Oleh karena itu, jenis conblock ini sering menjadi rekomendasi untuk digunakan pada area trotoar pejalan kaki

4. Paving Block SNI Mutu Beton D

Jenis Paving / Conblock mutu D memiliki kuat tekan <150 kg/cm2

Jenis ini merupakan kualitas terendah yang dibuat tidak untuk menahan beban berat.. Oleh karena itu, jenis conblock ini sering digunakan  halaman rumah yang tidak dilalui oleh kendaraan roda empat. Umumnya conblock jenis ini diproduksi secara manual tanpa mesin.

Demikian pembahasan ragam paving block standar SNI yang biasanya kita temui di pasaran dan proyek konstruksi.  Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli, pastikan mutu beton dari conblock tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lapangan.

Semoga bermanfaat.
Salam.

BESTA – Solusi Paving Block Indah & Modern
Telpon kami untuk informasi produk terupdate